Cerebral Palsy (CP)

Sejak Najwa dinyatakan mengidap CP oleh Dr.Dwi Putro Widodo,spA (RSPI) pada usia 10 bulan.
Saya langsung mencari informasi mengenai Cerebral Palsy (CP) ini,salah satunya saya dapat di sini.

CP bukan merupakan penyakit melainkan suatu gangguan perkembangan motorik pada anak
yang menyebabkan kekakuan otot tungkai dan lengan.
Anak-anak tersebut mengalami kesulitan memegang obyek , merangkak dan berjalan.
Penderita tidak bertambah membaik dengan bertambah usianya tetapi juga tidak bertambah buruk.

Klasifikasi CP berdasarkan kerusakan gerakan:
1.CP Spastik
Otot mengalami kekakuan dan secara permanent akan menjadi kontraktur.
CP Spastik berdasarkan bagian yang mengalami kekakuan:
a.Monoplegia
Mengenai satu ekstremitas biasanya lengan
b.Diplegia
Keempat ekstremitas kena, tetapi kedua kaki lebih berat daripada kedua lengan
c.Triplegia
Mengenai 3 ekstremitas, yang paling banyak mengenai dua lengan dan 1 kaki
d.Quadriplegia
Keempat ekstremitas kena dengan derajat yang sama
e.Hemiplegia
Mengenai salah satu sisi tubuh dan lengan terkena lebih berat

2.CP Atetoid
Mempunyai gerakan dan  abnormal dan tidak terkontrol.

3.CP Ataksid
Jarang dijumpai, mengenai keseimbangan.

4.CP Campuran
Sering ditemukan satu penderita terkena lebih dari satu gejala CP.

Gejala penyerta dari CP ini adalah gangguan pada penglihatan, pendengaran, wicara dan kejang,
selain itu juga penderita CP mengalami kesulitan mengunyah dan menelan makanan.

(to be continued..)
 

This entry was posted in Cerebral Palsy (CP), Najwa. Bookmark the permalink.

41 Responses to Cerebral Palsy (CP)

  1. Aceng Luqman Taufiq says:

    duh yang sabar ya…

  2. kw says:

    waduh.. semoga lebih sabar. amin.

  3. Ws says:

    Hi.. ingin nambahin dan koreksi

    bisa liat blog ku lebih lanjut tentang ini..
    http://wstefanus.wordpress.com/2007/11/19/about-degenerative-disease/

    Penggolongan Menurut Tipografi Dilihat dari tipografi yaitu banyaknya anggota tubuh yang lumpuh, Celebral Palsy dapat digolongkan menjadi 6 (enam) golongan, yaitu:

    1. Monoplegia, hanya satu anggota gerak yang lumpuh misalnya kaki kiri, sedangkan kaki kanan dan keduanya tangannya normal.

    2. Hemiplegia, lumpuh anggota gerak atas dan bawah pada sisi yang sama, misalnya tangan dan kaki kanan , atau tangan kiri dan kaki kiri.

    3. Paraplegia, lumpuh pada kedua tungkai kakinya.

    4. Diplegia, kedua tangan kanan dan kiri atau kedua kaki kanan dan kiri(paraple-gia).

    5. Triplegia, tiga anggota gerak mengalami kelumpuhan, misalnya tangan kanan dan kedua kakinya lumpuh, atau tangan kiri dan kedua kakinya lumpuh.

    6. Quadriplegia, anak jenis ini mengalami kelumpuhan seluruh anggota geraknya. Mereka cacat pada kedua tangan dan kakinya. Quadriplegia bisa juga disebut triplegia.

    Penggolongan Menurut Fisiologi Dilihat dari kelainan gerak dilihat dari segi letak kelainan di otak dan fungsi geraknya(Motorik), anak Cerebral Palsy dibedakan menjadi:

    1. Spastik. Tipe ini ditandai dengan adanya gejala kekejangan atau kekakuan pada sebagian ataupun seluruh otot. Kekakuan itu timbul sewaktu akan digerakkan sesuai dengan kehendak. Dalam keadaan ketergantungan emosional kekakuan atau kekejangan itu makin bertambah, sebaliknya dalam keadaan tenang, gejala itu menjadi berkurang. Pada umumnya anak CP jenis spastik ini memiliki tingkat kecerdasan yang tidak terlalu rendah. Diantara mereka ada yang normal bahkan ada yang diatsa normal.

    2. Athetoid. Pada tipe ini tidak terdapat kekejangan atau kekakuan. Otot-ototnya dapat digerakkan dengan mudah. Ciri khas tipe ini terdapat pada sistem gerakan. Hampir semua gerakan terjadi diluar kontrol dan koordinasi gerak.

    3. Ataxia. Ciri khas tipe ini adalah seakan-akan kehilangan keseimbangan,. Kekakuan memang tidak tampak tetapi mengalami kekakuan pada waktu berdiri atau berjalan. Gangguan utama pada tipe ini terletak pada sistem koordinasi dan pusat keseimbangan pada otak. Akibatnya, anak tuna tipe ini mengalami gangguan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada saat makan mulut terkatup terlebih dahulu sebelum sendok berisi makanan sampai ujung mulut.

    4. Tremor. Gejala yang tampak jelas pada tipe ini adalah senantiasa dijumpai adanya gerakan-gerakan kecil dan terus-menerus berlangsung sehingga tampak seperti bentuk getaran-getaran. Gerakan itu dapat terjadi pada kepala, mata, tungkai, dan bibir.

    5. Rigid. Pada tipe ini didapat kekakuan otot, tetapi tidak seperti pada tipe spastik, gerakannya tanpak tidak ada keluwesan, gerakan mekanik lebih tampak.

    6. Tipe Campuran. Pada tipe ini seorang anak menunjukan dua jenis ataupun lebih gejala tuna CP sehingga akibatnya lebih berat bila dibandingkan dengan anak yang hanya memiliki satu jenis/tipe kecacatan.

  4. margatama says:

    terima kasih atas koreksi dan tambahannya

  5. suroto says:

    tolong beri saya informasi tentang yayasan yang mau membiayai operasi anak saya yang divonis oleh dokter.Hasil EEG hipofungsi motorik/cp dan hasil ct scan hidrosefhalus kongenital.waktu umur 3 bulan oleh dokter bedah saraf disarankan untuk operasi pasang selang. karena tak ada biaya sampai sekarang usia 2 tahun tak dilakukan tindakan apa-apa.sampai sekarang anak saya belum bisa apa-apa seperti bayi yang baru lahir.Tolong beritahu saya mungkin ada yayasan yang mau membantu saya.saya sendiri hanya pegawai outsourcing di pt kereta api sebagai penjaga palang pintu perlintasan .bila berkenan ini alamat saya suroto jalan stasiun minggiran no 1 dusun morangan desa minggiran kec papar kab kediri no telp (0354)528516.sebelumnyasaya ucapkan terima kasih atas bantuannya

  6. megawati says:

    minta informasinya untuk pembuatan kursi khusus anak cp yang lumpuh seluruh anggota badan. anak saya berusia 5 thn. terima kasih

  7. megawati says:

    informasinya tolong dikirim ke alamat email megasalim_sia@yahoo.co.id
    terima kasih

  8. tari says:

    saya kirim informasinya via japri ya

  9. mama Faca says:

    Dear mba Tari…

    Membaca komennya mba Megawati tentang kursi khusus untuk anak yg lumpuh seluruh anggota badan, modelnya kayak gimana ya mba…mungkin buat Faca juga bisa berguna, kalo aku sekarang bingungnya kalo mandiin Faca kan sampe sekarang masih pake bak mandi bayi, nah Facanya sekarang kan sudah tinggi jadinya ribet bin susah soalnya kakinya ketekuk…ada solusi gak ya mba…

  10. Indria says:

    halo mbak tari,
    saya baru tau klo ternyata anak cp punya kesulitan untuk mengunyah & menelan.
    Anak saya Aisha sepertinya begitu.punya kesulitan mengunyah & menelan makanan.
    AIsha divonis cp spastik usia 3 bln.skrg berusia 1 tahun.untuk membantu proses mengunyah makanannya saya masih menyaring makanan timnya.mohon infonya cara pemberian jenis makanan untuk anak cp spastik.
    sekarang aisha sdg menjalani terapi di RS Hermina Depok

  11. mamah najwa says:

    Anak CP memang ada kesulitan mengunyah dan menelan walau tidak semuanya spt itu.
    secara bertahap harus dikenalkan tekstur makanan dari yang cair , lembut, lembek dan sedikit kasar. Disesuaikan pula dengan kondisi anaknya. Ada anak yg tidak bisa menelan makanan sama sekali .

    untuk najwa sendiri dalam usia 2 tahun 10 bulan sudah makan nasi biasa
    walau dalam porsi yg tidak terlalu banyak.
    utk bubur atau tim dia sudah ndak mau. untuk lauknya dia sudah dapat mengunyah sendiri tanpa perlu di haluskan.

    salam buat Aisha
    -mamah najwa

  12. asri says:

    Untuk mama aisha, sekedar info dari saya yg punya anak CP (usia 3 thn). Dulu rama juga susah nelan makanan agak kasar dan sering muntah, setelah saya bawa ke shinse di sukasari bogor, alhamdulilah jarang muntah dan sekarang bisa makan nasi dan lauk pauk biasa.

  13. Ridwan says:

    Buat Mbak Asri
    Saya juga punya anak CP dan saya tinggal di Bogor, boleh saya minta informasi mengenai sinshe di sukasari. bisa diinformasikan ke rhiedone@yahoo.com.
    terimakasih sebelumnya.

  14. dr. melya warianto sp AK says:

    prihatin sekali melihat anak dengan CP. saya dokter akupunktur bekerja di puskesmas jatinegara, saat ini sedang menangi anak CP dengan akupunktur dan fisioterapi. menurut pengalaman saya gabungan antara kedua ini sangat membantu perkembangan motorik dan cognitif anak. Tergantung beratnya CP, dan usia penangannya, anak ada kemungkinan bisa berjalan, meskipun tidak sesempurna anak normal. Mudah2an info ini bermanfaat.

  15. mama daffa says:

    salam buat semua
    saya mamanya daffa,kebetulan nemu ini,smg bermanfaat.
    http://www.fisiosby.com/index.php?option=com_content&task=view&id=43&Itemid=1

  16. dadan says:

    saya minta info untuk kursi roda untuk anak cp. anak saya terkena cp sudah 5 thn. dan saat ini perlu kursi roda. dimana untuk memperolehnya. dan seperti apa modelnya? terimakasih.

  17. dadan says:

    Mbak tarim saya minta informasi alat-alat apa saja yang bisa membantu terapi anak cp. Kondisi anak saya belum bisa duduk masih tertidur, usianya sudah 6 tahun. Kalau untuk wilayah Bandung dimana saya bisa memperolehnya. kalau ada yang punya info tolong dikirim ke email : dadan_daf@yahoo.com

  18. Ummi Hanafi says:

    coba liat di alatkesehatan.com
    disana ada kursi karma buat anak cp, tapi cukup mahal juga…

  19. Ummi Hanafi says:

    Dr Melya apa say bisa minta lamat lengkap prakter dokter?
    tolong di kirim ke email saya ya dokter, Riva_adriyanti@yahoo.com

    makasih dok.

  20. Indria says:

    salam kenal ummi hanafi, saya bunda aisha skrg 18bln, aisha cp sejak usia 6bln.Sekarang masih menjalani FT di Hermina depok, juga menjalani terapi akupuntur dengan dr. Melya Warianto di Puskesmas Jatinegara. Alhamdulillah sejak dilengkapi dengan terapi akupuntur banyak kemajuan skrg sudah tdk kejang dan tidak sering terkejut dengan suara2 keras. semoga bisa menjadi referensi..

  21. erida says:

    saya mama andreas. anak saya saat ini berusia 5.5 tahun dan menderita cp. motorik dan sensoriknya terganggu (hanya berbaring dan tidak ada respon). saat ini saya belum berani untuk bawa dia untuk therapy akupuntur. Kira-kira banyak nga ya membantu kalau anak cp di akupuntur. Saya baru therapy bekam ..
    Untuk akupuntur dr. Melya Warianto… di Puskesmas Jatinegara.. alamatnya di mana ya..dok atau alamat praktek dokter di mana aja ya..
    tolong infonya ya dok ke alamat email saya chrisdamel@yahoo.com

  22. indria says:

    Buat mama andreas alamat puskesmas jatinegra di Jl. Matraman Raya No. 220 Jakarta. praktek akupuntur senin-jumat kecuali hari rabu. Ada jg di RS Harapan Kita dan RS Husada .Semoga dengan terapi akupuntur secara rutin ada lebih kemajuan. Buat mama andreas, tetap semangat ya, semoga Tuhan selalu memberi kekuatan dan kesabaran buat mama sekeluarga, Amin..

  23. mama ariel says:

    salam kenal semuanya….
    kira2 di jogja ada ga terapi untuk CP…anak saya Ariel 29bulan hingga kini belum bisa duduk apalagi berdiri..tlg bantu sy…trims ya…

  24. erida says:

    Thx ya bu Indria untuk infonya. Semoga dengan terapi akupuntur , andreas banyak kemajuan…

  25. tegar says:

    bu mohon masukan bagaimana dapat kursi roda yankusus untuk penderita cp, untuk anak saya umur 8 thaun dan apakah ada yayasan kusus untuk membantu anak penderita cp… tksh

  26. mahar says:

    terima kasih infonya… saya membahas info cerebral palsy juga, dapat dilihat di

    maharokupasiterapi.blogspot.com
    mahar6743.wordpress.com

  27. maya says:

    saya bundanya syafiq. Anak sy skrang 3.5 tahun, CP Tipe spatik. Tapi dia bisa merespon kalau kita ajak dia tertawa. Dia cepat sedih. Makan nasi yg di blender dan dimasukkan ke botol susu, dotnya dilubangi besar. Sy sudah mencoba memberinya nasi lembek yg tidak diblender sejak usia 6 bulan, tp dia selalu menangis smpai bibirnya ungu spt orang yg menderita bla harus mengunyah n menelan makanan, shga jadi kurus. Jadi lebih baik di blender. Dimana sy bisa membeli kursi khusus CP? Berapa harganya? Ohya..sy yakin anak sy mengerti pembicraan kami hanya dia tidak mampu bicara. Pendengaran nya sngat tajam tp dia sering terkejut jika mendgar suara kalau dia tidur.jika ada info mgnai kursi mhon beritau saya di maya@godzilly@yahoo.com

  28. mama almira says:

    terima kasih sharing infonya, anak saya juga menderita CP yang parah, sekarang umurnya 5 th dan sudah berobat kemana mana, anak saya belum bisa apa-apa termasuk juga mengalami kesulitan makan, mau tanya apakah di Tangerang ada juga dr spesialis akupuntur yg biaya nya tidak besar.

  29. dinnie says:

    alhamdulillah sya bisa membaca dan banyak sekali masukan yang dpt saya ambil, perkenalkan nama saya dinnie sy punya anak yang CP usianya kini 3 tahun anak saya dapat terdetiksi mengalami keterlambatan perkembangan sejak usia 5 bulan, dan langsung sy bw ke Rs, sampai sekarang masih tetap therapy di RS Hermina, banyak sekali perkembangannya, namun sy punya kendala, anak saya susah sekali menangkap sesuatu secara cepat contoh memperlihatkan 2 gambar namun dia sangat sulit untuk mengingat dan mengucapkannya. apakah ada saran untuk saya

  30. teguh says:

    saya fisioterapi aceh punya program untuk keluarga pasien cp
    selama ini banya anak cp dari keluarga kurang mampu yang belum ter tangani dengan baik saya ingin jika ada yang peduli dengan anak anak cp di aceh mohon untuk dapat membantu bukan hanya uang tetapi ilmu dan tenaga mereka juga anak anak indonesia dan juga mereka adalah manusia yang layak mendapatkanpenghidupan yang layak
    saya gak pandai berbicara tapi saya akan membuktikanya dengan semangat dan usaha saya bekerja.
    terimakasih atas perhatiannya
    tuhboy@yahoo.co.id

  31. patricia says:

    Dear Bpk / Ibu / Sdra / Sdri semoga informasi ini bisa menjadi alternative pilihan solusi yang bermanfaat. terima kasih. Salam, Patricia, Gbu.

    AUTOADAPT and HOMEADAPT for your INDEPENDENCE and QUALITY of LIFE.

    A TRULY BREAKTHROUGH INNOVATIVE MOBILITY SOLUTION for benefit of both DISABLED ,HANDICAPPED, CHALLENGED and or ELDERLY as well as CAREGIVER.

    Increase your independence and regain your freedom anywhere where you need.
    NOW AVAILABLE in Indonesia various alternative of reliable compact design and user friendly mobility product from AUTOADAPT AB, a leading global provider of VEHICLE ADAPTATION and INDEPENDENT LIVING AID to meet DISABLED,HANDICAPPED,CHALLENGED ( persons with reduced or limited mobility ) and ELDERLY specific requirement, almost ANYWHERE WHERE YOU NEED, such as : to and from a bed, a wheelchair, a stairlift, a mobile base, a vehicle, a chair, a toilet, a bathtub, a floor, etc at home, at friend’s house, elsewhere.

    Autoadapt AB premium products Turny, Carony and Turnout are innovative solutions for getting in and out of your vehicle, and the Carolift family of wheelchair lifts allow you to easily bring your wheelchair along.

    Autoadapt AB offer a full range of high SAFETYand QUALITY as well as FUNCTIONALITY products for car adaptation, including hand controls, seating comfort and much more.

    Autoadapt AB pride ourselves on providing reliable solutions that you can depend on every day for your independence and freedom

    Authorized Dealer Autoadapt AB ( http://www.autoadapt.com/ ):
    PT. HIDUP BERKAT RAHMAT ANUGERAH.
    a HEAVENLY BLESS company.
    For more detail information please contact ms.Patricia at 087882192701 or patricia@hbra.co.id

  32. Reny says:

    Siang.
    Saya reny dari Jogja. Anak saya 3 th 1 bulan. Dia di diagonosa CP spastik umur 2 th. Skrg sdh bs jalan&berdiri tapi utk bicara msh bubling.
    Oya, saya ada info kalau ada yang perlu kursi roda di Jogja, ada di UGM. Ini Linknya :
    http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=2418

    salam

  33. harini anton says:

    met siang…….
    saya ibu yg empunyai anak penderita cp usia 9 thn. srkg sdh skloh sekolah dasar negri. saya mohon infony krn di kota saya tnggal tdk ada tempat bertnya.saya pengen bikin perkumplan ortu yg mepnyai anak penderita cp.yg slmn ini saya lihat bnyk ortu yg malu.& masa bodoh, dan diantaranya dr kluarga tdk mampu. saya ohon bgimn caray agar terbntk dan bs mndapat bibingan dari ahlinya. agar tidak salah jalan.trims. mohon infonya.

  34. harini anton says:

    met siang…….
    saya ibu yg empunyai anak penderita cp usia 9 thn. srkg sdh duduk di sekolah dasar negri. saya mohon infony krn di kota saya tnggal tdk ada tempat bertnya.saya pengen bikin perkumplan ortu yg mepnyai anak penderita cp.yg slmn ini saya lihat bnyk ortu yg malu.& masa bodoh, dan diantaranya dr kluarga tdk mampu. saya ohon bgimn caray agar terbntk dan bs mndapat bimbingan dari ahlinya. agar tidak salah jalan.trims. mohon infonya.
    salam bojonegoro

  35. Mama via says:

    Sy juga orang tua dari anak cp nama anak ku vivia salsabila umur nya 2th 9bln. Terapi d Rs seminggu 2x terapi di rumah 1x. Jadi seminggu 3x. Terapi yg dijalankan
    1. Okupasi terapi
    2. Terapi gerak
    3. Terapi bicara
    Alamat ku d sindang barang bogor. Mw coba terapi shinse tp tempat ny dmn y, kl ad yg tau mohon info nya ke 085697755523. Makasih mama najwa yg udh buat blog ini

  36. indri meranti says:

    Anakku sudah 20 bulan, sampai sekarang belum bisa berjalan sendiri. Maunya dititah terus. Apa itu termasuk cp y? Untuk mengetahui itu cp atau bukan harus menjalani pemeriksaan apa saja y? Dan berapa y biayanya? Saya ingin mencoba ikut terapi di puskesmas jatinegara, kebetulan rumah suami di otista. Sebelumnya anak saya belum pernah menjalani pemeriksaan, apa bs diperiksa di puskesmas jatinegara?

  37. Zaky says:

    Apakah terapi akupunktur untuk penderita CP dapat memicu timbulnya spastik atau kejang?
    Anak sy 11 bln menderita CP dan saya sedang mencari info mengenai terapi akupunktur. Apakah ada penjelasan ilmiah akupunktur utk menyembukan CP?
    Terima kasih

  38. Bunda Ghazi says:

    alhamdulillah ketemu web ini, sy juga seorang ibu dari anak CP, sekarang anak saya sudah 4taun belum bisa berjalan sediri, bicara nya juga masih terbatas, hanya bisa ayah, abah, udah…
    sekarang sy baru akan menjalani terapi berjalan dan wicara nya, doakan ya supaya terapi ini berhasil, amiiiin..
    salam sayang untuk semua anak cp…

  39. mama hisyam says:

    sneng bsa tw pengalaman dr ibu2 smua. aq nisah. anakku jg spertinya kena cp. dlu dy kaku. tp sy urut trus jd ga kaku2 banget. anakku tiduran aja tp masih bisa gerak. intelegensinyapun tinggi. bisa dibilang dy indigo.. aq pngen sharing dgn ibu2 smua. ini nmrqu 085715608420. thx

  40. mama raihan says:

    Salam kenal …buat bunda reni yg anaknya sdh bisa jalan bgmn prosesny a sp bisa jln anak saya cp mau lima tahun antar lg,bisa kirim ke email sy rsuly36@gmail.com…trims domisili sy di bandung

  41. SUNDARI says:

    Assallammualaikum, salam kenal semua , saya seneng sekali bisa buka web ini, paling tidak bisa berbagi pengalaman , anak saya alya juga menderita CP, skrg usia 4 tahun, belum bisa bicara dan jalan, sekarang ini terapi tumbuh kembang anak di RS RHE Evasari dan juga sedang menjalani akupunktur, Alhamdulillah baru 2 kali akupunktur anakku mulai ada kemajuan , lebih semangat dan konsentrasi, smg akan banyak kemajuan, salam sayang utk anak2 CP , smg mereka juga sabar dengan keadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash