Mikrosefali tidak selalu CP

Mikrosefali adalah keadaan dengan ukuran lingkar kepala lebih kecil dari ukuran baku
tadinya saya berpikir bahwa mikrosefali itu selalu identik dengan CP
namun ternyata anak yang menderita mikrosefali dan terlambat dalam perkembangannya belum tentu itu adalah CP.

Seperti yang di tuturkan mamah Yulia tentang anaknya putri keduanya , Kiya.
Kiya berusia 2 tahun 4 bulan, saat usia 20 bulan kiya sudah bisa duduk tegak, bulan lalu sudah merangkak dan rembetan, namun sampai sekarang belum bisa berdiri sendiri dan berjalan. Kiya sangat aktif dan mengarah ke hiperaktif, berat badannya normal hanya lingkar kepalanya lebih kecil dari ikuran standart.

Saat kiya 11 bulan, dan dari hasil CT Scannya dokter syarafnya memvonis ini sebagai keterlambatan biasa saja bukan CP dan tidak merekomendasikan utk fisioterapi, dari hasil tes 10 perkembangan anak, kiya dinyatakan normal.
Namun perkembangan motoriknya dan wicaranya lebih lambat dibanding anak seusianya.
Oleh dokter syarafnya , Kiya dinyatakan bukan CP , kiya normal , hanya saja perkembangannya memang telat.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, mamah Yulia membawa Kiya ke dr.Luh di RSCM
dari hasil observasi, otot2 kiya bagus, lentur dan tidak kaku, dr.Luh menyatakan bahwa kiya memang bukan CP melainkan mikrosefali.
keterlambatan motorik dan wicara nya disebabkan dari mikrosefalinya.
kemungkinan besar, menurut analisa sementara dr luh, mungkin korteks di otak kiya yang rusak, pas di bagian syaraf bicara
Saat ini kiya diharuskan memakai sepatu AFO utk mengatasi kebiasaan kakinya yang jinjit.

This entry was posted in Cerebral Palsy (CP). Bookmark the permalink.

10 Responses to Mikrosefali tidak selalu CP

  1. Ibu Wati says:

    Salam kenal Najwa….
    Bu, saya juga mempunyai anak istimewa. ( Denish 2,9 th) . Dia belum seberuntung Najwa. Sampai saat ini dia masih terbaring spt anak 5 bln. ( Sebenarnya) Dia terlahir normal, pd usia 4 bln sudah tumbuh 2 gigi, sudah tengkurap…. tapi pd umur 4,5 bln terserang demam ( Meningtis), terlambat penenganannya. Sekarang , saya sedang mengusahakan utk pengobatan aserakupuntur di Surabaya. Dan mengkonsumsi obat herba china.Ok, kalau ada waktu contak email saya. Makasih

  2. Indria says:

    Salam kenal mama najwa,
    saya juga mempunyai putri ( Aisha 11 bln ). terlahir normal, tp diusianya ke 1 bln mengalami perdarahan otak tanpa cedera, sehingga harus dibedah di otak kirinya.
    sekarang dia divonis mikrosefali dan CP. sekarang sudah bs didudukkan selama 2 menit, perkembangan yang menurut saya sangat berart. terimakasih saya baca artikel menganai najwa, membuat saya semakin bersemangat dan mempunyai kekuatan baru untuk mendidik aisha.

  3. ayu sugi astiti says:

    salam kenal saya ibu ayu dari dnpasar. putri saya juga mangalami mikrosepali. saat ini usianya 7 bulan dan lingkar kepalanya hanya 38 cm, sudah CT Scan menurut dokter bedah sarafnya bukan CP tapi atropi srebri. sama seperti najwa putri saya juga lahirnya tidak menangis dan harus rawat inkubator selama 1 minggu. sampai saat ini andin (nama putri saya) sedang menjalani fisioterapi karena kepalanya belum bisa tegak. menurut dokter rehab medik andin harus terus distimulasi agar motoriknya dapat terangsang walaupun tidak CP. buat mamah yulia, kiya dibawa aja fisioterapi gak ada ruginya koq….

  4. shierlyn says:

    salam kenal mama najwa…..,
    anak saya farrel 6 bl juga menderita cp dan marosefali sekunder dan ada hydrosefalus ringan…sudah konsul dengan 2 dokter syaraf tapi diagnosanya bikin saya bingung. dr. syaraf umum bilang hasil ct scannya normal mengingat anak saya lahir prematur 34 minggu, tapi oleh dokter syaraf anak dianosanya mengatakan anak saya gawat…..sekarang farrel sedang menjalani fisioterapi, baru jalan 4 kali.

  5. Lala says:

    hai Najwa….
    kalo saya kebalikan ni….
    Bayi saya Lingkar Kepalanya Normal tp Cerebral Palsy Diplegia Spastic….
    Bayi saya CP krn lahir prematur n kmungkinn ada pndarahan di otaknya..(liat dr USGnya)
    Saat ini bayi saya usia koreksinya 8 bln dgn BB 10kg PB 72cm n Lingkar Kepalanya 46cm Pertumbuhannya lebih cepat n divonis obesitas oleh dokter anak…. BB, PB, n Lingkar Kepalanya seperti bayi 10 bulan…

    tapi Perkembangannya serba trlambat, alias Global Delay Development (blm bisa ngoceh, bl bisa tengkurep sndiri, dll), penglihatannya mngalami Cortical Visual Impairment (Mata sehat n normal, tp syaraf penghubung antara mata dgn otaknya error, jd kaya ngeliat pake teleskop alias Low Vision, n tangannya ga meraih benda yg ada di depan matanya persis), n kejang2..

    sejak usia 3 bln ampe skg bayiku mnjalani fisioterapi. Alhamdulillah lehernya udah kuat, telapak tangannny udah terbuka, n kakinya udah ga terlalu kaku,…., tp lengannya masih aga kaku n ,atanya blm fokus mengikuti benda yg digerakkan di depan matanya.

    kita sama2 mendoakan yah, moms….

  6. suci says:

    salam kenal bunda najwa….
    saya mempunyai anak usia 9bln.lahir secara normal,langsung nangis.pada usia 6bln saya br menyadari kalo kontak mata anak saya tidak fokus.setelah saya periksakan ke poli mata di salah satu rumah sakit umum daerah surabaya,dinyatankan CVI (cortical visual impairment)yaitu kelainan pada syaraf penghubung antara mata ke otak.dan dari poli tumbuh kembangnya,dinyatakan mokrosefali(ukuran kepala lebih kecil dari ukuran normal pd usianya).sejauh ini anak saya masih melakukan berbagai macam pemeriksaan penunjang untuk memastikaan diagnosis pada anak saya.

    terimakasih atas cerita para bunda yg lainna,membuat saya termotivasi untuk tetap bersemangat dalam mendidik anak saya.

    semua dari allah,dan akan kembali kepadaNYA…

  7. nelli says:

    ass.mlm bunda najwa
    bunda ank saya umurny skrg 11 bln. 2 minggu
    skrg sdng mlakukn pemeriksaan mri n eeg.tp dr.anya gak blng sktny ap.
    ank saya lahir normal lsg nangis. tp stp dberi susu formula muntah.umur 6 hari mencret.msk rumah skt.kejang 1 kali.umur 15 hari sering nangis mlm smp umur 4 bln.tengkurap bstp klu dkasi susu n promina sering tersedak.batuk tp ud kdr.ank gak sembuh2.obt ap pun dminum gak sembuh.kplana nrmal tp bagian blkngny lepek.
    bunfa najwa tlng mnt almt tm4 praktek pengobatan cina.klu ia utu daerah sumatra selatan.
    tlng ya bunda dinbox k@mail saya.
    jwban buna sangat berarti bagi saya.
    trima kasi bunda….

  8. rini says:

    bunda najwa…sya punya anak putri dia jg sjak lhir di diagnosa microsefali dg riwyat wktu sya mengandungnya IUGR jd putri sya trlhir bblr (berat bayi lahir rendah)tp usia kndugan ckup bulan yaitu 37 minggu,dg brt bdan wktu lhir 1,6kg.dirwat 28 hri d NICU,,,sya hanya berpsrah pada Alloh selalu berdoa dan myakinkan diri sya sndri bhwa putri sya bsa tmbuh normal.alhamdulilah usia 3 bulan sdah bsa mnegakan kepalanya,usia 8 bulan bsa duduk,smpai skrg usia 13 bulan sdah merangkak,rambatan dan berdiri sendri dan juga sdah mulai berceloteh meskipun bdanya msh kecil.jdi bunda jangan khawatir percyalah doa adlah kekuatan segalanya.Alloh tidak akan slah memberikan anugrah ank sprti ank yg kta miliki kepda orang tuanya.semangat ya bun…

  9. Sari Imawati says:

    Anak saya sudah umur 1 tahun 1 bulan dan belum bisa duduk. Lingkar kepalanya sekarang 38 cm, tinggi 78 cm dan berat 11 kg.
    Kalau saya ingin tahu anak saya termasuk jenis yang mana? apakah CP atau apa?
    Saya harus tanya kemn?

  10. Aulia says:

    Bunda, anak saya Gibran lahir dengan persalinan normal tapi ga langsung nangis. umur 2 hari demam tinggi & kejang. di rawat 1 minggu di RS dengan diagnosa sepsis. Tapi setelah pulang tetap juga sering kejang walaupun tidak demam sama sekali. sekarang umur 7 bulan blm bisa tengkurap, melihat belum bisa fokus, dipanggil belum paham. Umur 6 bulan bawa ke dokter syaraf di CT Scan & EEG hasilnya pertumbuhan otaknya tidak sempurna karena sepsis setelah lahir. Namun dokter tidak menyampaikan nama penyakit apa untuk diagnosanya ini. Jadi saya bingung, gibran sakit apa???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash