Evaluasi ke dr.Luh – Selasa,6 May 2008

Menurut dr.Luh , secara keseluruhan progessnya Najwa bagus. Kakinya sudah tidak melengkung kebelakang, lututnya sudah kuat sehingga mampu untuk menopang kakinya, melangkahnya sudah tidak menyilang lagi, hanya saja otot pantatnya belum kuat, sehingga melangkahnya masih dilempar ke belakang, otot paha dalam juga masih kaku, sehingga merangkaknya masih melompat dan duduknya masih banyak model W.

Ketika Najwa didirikan dengan memakai sepatu Afonya, terlihat berdirinya sudah bagus, tidak menjinjit, kaki lurus dan tidak melengkung kebelakang. Jadi sepatunya harus tetap di pakai terus, alhamdulillah 3 bulan rutin memakai AFO, hasilnya mulai terlihat. Ketika saya tanyakan apakah sepatu AFOnya masih layak pakai atau apakah perlu sepatu AFOnya untuk diganti menjadi yang lebih tinggi lagi, ternyata menurut dr.Luh sepatu Afonya masih tetap boleh di pakai dan tidak perlu diganti dengan yang lebih tinggi karena nanti otot di bawah lututnya menjadi kecil dan tidak berkembang. Jadi kesimpulannya AFO tidak perlu di ganti.

Saya juga menginformasikan kalau kedua kakinya Najwa sepertinya panjangnya berbeda, lalu oleh dr Luh, najwa di baringkan telentang, kedua kakinya di tekuk, lalu di lihat apakah tinggi lutut kanan dan kirinya sama atau tidak? saya melihatnya tingginya sama, kalau begitu panjang kedua kakinya najwa sama. Dr Luh berpendapat kalau panjang kakinya Najwa sama, jadi lagi2 sepatu AFO nya tidak perlu di koreksi.

 

PR Najwa :

-Main sepeda dan duduk silang untuk menguatkan otot paha bagian dalam

– Memanjat untuk menguatkan otot pantat

– Tetap pake sepatu AFO

This entry was posted in Cerebral Palsy (CP), Najwa. Bookmark the permalink.

0 Responses to Evaluasi ke dr.Luh – Selasa,6 May 2008

  1. Ibu Wati says:

    Congrulations, Najwa….. Semoga senantiasa ada kemajuan…

  2. elvariantifadillah says:

    hai mama najwa,sayamama elva permata hatikupun menderita cp sejak 6 bulan dr lahir skarang eel itu biasa mama panggil usianya 4 tahun tapi eel belum bisa bicara najwa pinter deh ngomongnya,kenalan yuuuuuk

  3. wyda mulyani rusdiman says:

    salam hangat utk najwa tersayang and mamanaya of course
    tante wyda juga punya anak seperti najwa…usianya 6 tahun. namanya Aisyarah dipanggil nya Icha, kemajuannya juga persis seperti najwa.
    semoga kita semua di lindungi tuhan ya….najwa terus berusaha ya kak icha jg tiap hari latihan. utk mama….. kita diberikan karunia yg sangat indah dri Allah swt. tetap semangat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash