Pemeriksaan THT oleh dr.Roni

Jam Tujuh malam mendaftar di Klinik Kimia Farma, dapat urutan terakhir, jam 9 kurang baru diperiksa oleh dokter THTnya, dr.Roni Setiawan. Agak terkantuk-kantuk Najwa mau juga diperiksa, pertama-tama dokternya meminta aku untuk memangku Najwa. Dokternya mulai memeriksa telinga kanan dan kiri Najwa, alhamdulillah Najwa cukup cooperatif. Seperti yang telah di duga, telinga Najwa tersumbat oleh kotoran yang masuk mengeras da mengendap di dalamnya, telinga kirinya malah sudah infeksi.

Telinga kirinya Najwa di sedot oleh alat yang dimasukkan ke telinganya, Najwa menangis,alhamdulillah masih terkendali. Dokter tidak membersihkan seluruh kotoran di telinganya karena terlalu dalam dan Najwa tentu akan merasakan sakit sekali. Untuk mengeluarkan sisa2 kotoran di telinganya, dokternya memberikan obat yang diteteskan ke telinganya utk mencairkan kotorannya dan nantinya kotorannya akan keluar dengan sendirinya.

Setelah memeriksa telingannya, dokternya meminta Najwa untuk membuka mulut, Najwa membuka mulutnya lebar-lebar, ternyata dokternya memberitahukan kalau amandelnya Najwa membengkak, ini yang menyebabkan Najwa radang dan sering terkena pilek.Dokternya juga memperkirakan amandelnya disebabkan karena alergi, namun tidak dapat dipastikan alerginya disebabkan karena apa,yang aku tahu anak CP memang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah.

Akibat dari penyumbatan di telinganya ini menurut dokternya akan mempengaruhi kemampuan mendengar atau wicaranya.Ketika di tanya,

“Apakah kalau ibu perhatikan anak ibu terhambat perkembangan wicaranya..?”

agak bingung juga di tanya begitu, kalau kemampuan Najwa di bandingkan anak-anak normal lainnya bisa jadi sama atau di bawahnya sedikit, tapi kalau kemampuan wicaranya dibanding dengan anak2 CP tentu kemampuan Najwa ini di atas rata-rata.
Jadi agak sulit juga untuk menjawab pertanyaan dokternya, kalau aku perhatikan justru kemampuan wicaranya berkembang saat pesat, dia lebih komunikatif, mengikuti kalau ada orang wicara, sudah bisa menolak sesuatu dengan mengatakan “enggak” sudah dapat meminta sesuatu dengan bahasanya ” mah minum mah..”

Akhirnya aku katakan kalau Najwa menderita mild CP, begitu tahu keadaan Najwa seperti itu, dokternya tidak berani menyimpulkan apapun, karena menurutnya kemampuan anak CP di bawah anak biasa. Jadi aku disarankan untuk membawa Najwa ke Klinik Bina Wicara, di Jalan Kramat VII, bertemu dengan dr.Rosmadewi.
Dokter Roni menyarankan mumpung usia Najwa baru 2 tahun 4 bulan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan kemampuan Wicara, agar dapat di lakukan tindakan secepatnya bila memang di rasakan perlu.
Walau aku sendiri tidak merasa khawatir dengan kemampuan wicaranya, namun tidak ada salahnya untuk mengikuti saran dokter tersebut.
Secepatnya aku akan menghubungi dr.Rosmadewi yang berpraktek di RSCM juga.

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

7 Responses to Pemeriksaan THT oleh dr.Roni

  1. asri says:

    Alhamdulillah perkembangan Najwa pesat dibanding anak saya. Anak saya lahir oktober 2005 juga menderita CP tipe spatik, saat ini belum bisa duduk dan kedua telinganya tidak respon sampai 110 dB. Saya juga konsultasi dengan dr. Rosmadewi di THT Komunitas RSCM sekalian tes pendengaran. Dokter Rosma sangat baik dan rasional dalam memberikan jawaban (tidak komersil). Saya masih mencari info ttg penggunaan alat bantu dengar pada anak kecil seusia Rama (anak saya), mungkin mbak atau teman-teman lain ada yang bisa sharing tentang ABD (lebih baik analog atau digital). Terima kasih.

  2. margatama says:

    salam kenal mba asri…
    terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, informasi yang mba asri berikan sangat berguna sekali.
    Rencananya kami memang akan membawa Najwa ke dr.Rosmadewi, sejauh ini Najwa cukup meres,pon bila dipanggil dan cukup komunikatif,namun tidak ada salahnya juga untuk memastikan kondisi Najwa sebenarnya.

    Kalau boleh tahu bagaimana caranya ke dokter rosmadewi, apakah dengan perjanjian atau langsung datang saja?

    terima kasih
    -mamah najwa

  3. asri says:

    Kalau ketemu dr. Rosma di Klinik Bina Wicara saya gak tahu mbak prosedurnya. Kalau di RS. THT Proklamasi, telp aja dulu ke 3900002 untuk janjian atau di THT Komunitas RSCM telp 31930808, 3912257, 3918301. Untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal lebih baik di THT Proklamasi drpd di RSCM.

  4. saya punya masalah dengan telinga saya yang keluar nanah,waktu kecil saya pernah berobat k PMI bogor dan dilakukan penyedotan pada telinga tapi sampai sekarang masih keluar nanah saya pun sudah beberapa kali ke dokter dan di beri obat tetes tapi sama saja,oh ya saya remaja laki-laki berusia 18 tahun. saya mau minta pendapat dan resep atau obat yang bisa membantu saya. saya ucapkan terima kasih banyak.

  5. Solihn says:

    Salam,
    saya punya anak laki2 umur 2,5 tahun namun sampai usia itu keamampuan mendengar dan bicaranya nampak tertinggal. Kami awalnya menganggap ah itu wajar eh setelah diperiksa oleh dokter spesialis THT harus ikut pemeriksaan Berra katanya. saya benar2 kaget setelah mendapat penjelasan dari dokter. Apakah diantaranya ada yang dapat memberi kami saran untuk masalah kami? Atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.
    Wassalam.

  6. vR says:

    mo tanya nih, sy seorang ibu usia 45 th. sy mengidap flu yg tdk sembuh2, terutama akhir2 ini makin parah, terkadang hidung sy masukin vick untuk mengencerkan ingus, krn mengganggu pernafasan sy. yg mau sy tanyakan kalo sy ke Perhati, sy ke dokter siapa… terima kasih

  7. riska says:

    Saya riska usia saya 22thn keluhan saya telingga saya berair saya pernah membeli obat tricajus 5 sachet tapi penyakit ini dteng lagi tlng beri sarannya hrus pkai obat apa ya untuk tidak dteng lgi penyakit ini terimaksih mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash