Kebisaannya ..

Yang selalu patut  kami  syukuri  dengan Kondisi najwa saat ini adalah kemampuan wicara dan kognitifnya.

Najwa memang sudah bisa memilih dan menyampaikan keinginannya dengan bahasa yg sederhana seperti  ” mah bobo cini aja adem…”

kata-katanya yang polos terkadang membuat kami tersenyum geli, suatu hari dia memegang-megang tangan papahnya sambil berujar “tangan papah julek ”  ha…ha..ha… ini pasti najwa sudah merekam kata “jelek” dalam memorynya….

Najwa juga mampu untuk menyerap informasi dan mengeksekusinya. Biasanya saya melatihnya dengan minta tolong sama najwa seperti “Wa…papah suruh makan dulu gih” tanpa di komando dua kali dia akan langsung ke papahnya dan berkata “Pah makang dulu pah…”

Terkadang kalau papahnya agak males makan, saya minta Najwa untuk nyuruh papahnya makan,kalau sudah Najwa yang ngomong, papahnya nggak kuasa untuk menolak  he..he..he.. (yang ini memanfaatkan anak)

Untuk melatih najwa mengenal benda2 di sekitarnya, biasanya saya sering memakai dan memberitahukan nama benda tersebut seperti sisir,bedak, baju dsb. Untuk mengetesnya saya suka minta tolong pada Najwa utk mengambilkan benda yg di maksud seperti            ” najwa …mamah tolong diambilin minyak kayu putih ya….” atau “wa…..tolong ambilin jepit mamah donk” selagi barang -barang itu bisa dijangkau dan dipegang olehnya, dengan segera dia akan kembali dengan barang yang dimaksud.

Kemampuan najwa untuk mengenal benda2 disekelilingnya semakin terasah tanpa saya sengaja utk mengajarinya. Dia sudah dapat mengidentifikasi benda2 milik mamahnya, papahnya , mbahnya atau milik dia sendiri. Bahkan dia sudah bisa membedakan mana motor papahnya, motor om nya atau motor pak de nya, tidak hanya itu suara motor papahnya pun Najwa hapal he..he..he…

Salah satu kegemarannya Najwa adalah membolak-balik majalah, buku dan sejenisnya, dengan tampang serius dia akan memperhatikan objek2 yang ada di majalah tersebut, bila dia melihat di majalah ada gambar pria dewasa, dia akan bilang “papah nih…” bila dia melihat perempuan berjilbab “ini mbah nih….” bila dia melihat anak2, najwa akan berkata “mah ini kakak mah ..” (entah kakak siapa yang dia maksud),  bila dia melihat  gambar perempuan cantik yang berambut panjang dia akan berteriak  “mamah nih….” ha..ha..ha…ha…  yang lucu adalah ketika di salah satu majalah Najwa melihat gambar ade Rai yang di kuncir satu, najwa bilang “mamah tuh…” ha…ha..ha…ha… ini yang salah gambarnya atau rambut Ade Rai nya he..he..he..

kepolosan dan kelucuan dari sikapnya yang mebuat kami melupakan sejenak atas CP nya, terlepas dari CP dan keterlambatan motoriknya, najwa tetap putri kami yang cantik dan pinter. I Love U sayang….

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash