tantrumnya Najwa

Membaca blognya mba Novi tentang tantrumnya didif,  ingatannya saya melayang pada Najwa yang juga  seringkali tantrum.

Dibalik sikapnya yang riang dan lincah , Najwa juga seringkali menangis sekeras2nya dengan berguling-guling dan membenturkan kepalanya, seringkali tantrumnya ini  tanpa sebab dan alasan yang jelas (atau mungkin kami yang tidak bisa mengerti sebabnya itu).

Suatu hari bila dia sedang bad mood, Najwa menjadi serba salah sendiri, apa yang dia lakukan menjadi tidak nyaman buat dia. Najwa menjadi sangat sulit sekali di tangani, mau di mandiin nggak mau, malah nangis sekeras2nya , menjerit2 dengan air mata yg berurai, dibujuk dengan di gendong, Najwa malah meronta-ronta dan mengigit sekeras2nya, di turunkan di lantai, najwa  malah membenturkan kepalanya, kalau sudah begini dan najwa tdk mau di bujuk sama sekali, biasanya saya meletaknya di tempat tidur dan membiarkannya menangis sampai dia kelelahan sendiri.

Suatu kali saya searching mengenai kecenderungan tantrum pada anak2 CP, saya dapatkan sebuah artikel yang menginformasikan bahwa tantrum pada anak2 CP lebih disebabkan karena mereka merasakan tubuhnya yang tidak nyaman, otot2 yang cenderung kaku dan lebih cepat mersakan kelelahan. Rasa ketidaknyaman ini yang membuat anak2 CP frustasi terhadap tubuhnya sendiri, kalau sudah begini biasanya anak mengekspresikannya dengan  tantrum dan terkadang diikuti dengan menyakiti diri sendiri seperti membenturkan kepala, menarik2 rambutnya.

Ketika hal ini saya diskusikan dengan dokter rehab mediknya Najwa, dokter Luh menyampaikan bila  tantrumnya najwa bisa jadi karena kemampuan kognitifnya yg bagus tidak dibarengi dengan kemampuan motoriknya sehingga dia menjadi lebih emosi dan mengekspresikannya dengan cara seperti itu.

Maafkan mamah ya sayang…..mamah kurang bisa memahami apa yg najwa rasakan

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

0 Responses to tantrumnya Najwa

  1. nonadita says:

    duh.. mbak, kalau saya sih udah pasti bingung banget kalau menghadapi anak kecil yang menangis begitu. Semoga Najwa nggak sering2 tantrum, ya 🙂 Wish her all the best..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash