Pemberian Makan pada Anak CP

Oleh : Woro Murthi, A.Md.Ft, NDT
Disampaikan dalam Buletin FISIOPEDI edisi 01/viii/2008

Pemberian makan pada anak merupakan hal penting dalam masa pertumbuhan seorang anak. Bila dalam hal ini kita mengalami hambatan maka secara otomatis, segala kegiatan menjadi terhambat dikarenakan beberapa hal :
1. Anak kurang asupan nutrisi dan gizi
2. Anak mudah sakit
3. Pertumbuhan terlambat

Hal-hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pemberian makan pada anak CP dan anak normal diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Rasa ( manis, gurih, asin )
2. Bentuk ( cair, lembut, keras )
3. Suhu pada makanan yang akan dimakan
4. Kesiapan dari sistem pencernaan
5. Cara penyajian

Anak dengan CP sering mengalami kesulitan makan, terkadang ada yang sangat sulit. Kesulitan menelan mungkin gejala awal anak dengan keterlambatan pertumbuhan yang merupakan salah satu gejala lainnya pada CP. Atau anak yang mengalami kesulitan dalam memasukan makanan ke dalam mulut, ketidakmampuan mengontrol gerakan tubuh, menjulurkan atau kelemahan otot mulut, tidak mampu untuk menggerakan bibir. Ada beberapa tehnik atau tata laksana pemberian makanan pada anak CP agar mendapatkan posisi yang nyaman sehingga akan mempermudah kita saat proses pemberian makan berlangsung.

Beberapa tata cara laksana tersebut adalah sebagai berikut :

A. Kita dapat meletakan anak dengan posisi duduk di atas paha
B. Kemudian lengan kiri dapat kita letakan disekitar leher anak, dengan demikian kepala anak tetap terjaga
C. Apabila anak sudah mampu duduk, kita dapat meletakannya dengan duduk di lantai pada saat pemberian makan kita duduk di depan anak.
D. Bentuk dan ketinggian dari meja yang digunakan harus disesuaikan dengan posisi tinggi duduk anak.
E. Kita dapat juga menggunakan corner seat (bangku sudut) bila anak sudah dapat menjaga leher dan kepala, dalam posisi tangan dengan ditengah-tengah diantara kedua pahanya diletakan / dipasang ganjalan berbentuk bulat. Dapat pula dilapis dengan busa, gunanya adalah agar anak tidak merosot jatuh ke depan.
F. Apabila anak masih kecil dan memungkinkan untuk dapat kita pangku menggunakan corner seat kecil atau busa keras, diletakan dipangkuan berhadapan dengan diganjal meja atau sejenisnya yang tidak bergerak.
G. Sebelum memberikan makan pada anak baiknya kita memberikan latihan gerak fungsi mulut dan rahangnya. Dengan gerakan seperti ini dapat lebih membantu meningkatkan reflek menghisap dan menelan, sehingga mampu untuk makan menggunakan tangan atau sendok dan minum menggunakan cangkir.
H. Bila anak sudah ada kemampuan untuk memegang sendok yang baik dan benar. Agar makan yang dimasukan ke dalam mulut tidak banyak yang tumpah dan terbuang.
I. Pemberian minum diantara makan dan setelah makan juga merupakan hal yang penting. Perlu diperhatikan bahwa pemberian air pada gelas jangan terlalu banyak, gelas diposisikan miring agar air yang masuk hanya sedikit ke dalam mulut sehingga mencegah anak tersedak.
J. Jika anak tidak dapat menegakan kepalanya, maka kita harus melakukan gerakan penyeimbang seperti meletakan lengan bawah melingkar sekitar leher disertai dengan menahan dagu dari bawah. Kemudian gelas dipegang dengan tangan satunya sambil meletakan gelas pada bibir anak. Pastikan jangan ada gerakan jatuh ke bawah / ke belakang pada kepala anak.

disadur dari http://www.fisiosby.com/index.php?option=com_content&task=view&id=43&Itemid=8

thx for url nya mamah daffa 

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

0 Responses to Pemberian Makan pada Anak CP

  1. Nisa says:

    Terima kasih..
    Artikel ini sungguh membantu saya. Putri saya mengalami CP dan kesulitan menelan makanan kasar sehingga sering batuk sewaktu makan

  2. Indria says:

    saya pernah baca, untuk anak CP ada susu khusus, tlg diinfokan susu apa ya? saya belum sempat menanyakan hal ini ke dokter syaraf nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash