Permintaan Liputan & Wawancara (part II)

Setelah melihat acara ‘Dunia Sehat’ di DAAI TV ternyata acaranya cukup bagus dan sangat informatif sekali. Sebuah acara informasi kesehatan dengan nara sumber yang berkompeten dan profile yang menarik.

Saya menyetujui untuk bertemu dulu dengan pihak DAAI TV  untuk saling sharing dan berkomunikasi. Hari Kamis tanggal 30 April kami sepakat untuk bertemu di rumah, agar mereka dapat melihat langsung najwa.

Tak disangka pertemuan pertama membuat saya terheran-heran, betapa tidak…… Najwa yang biasanya diam saja melihat orang baru kini terlihat asyik bermain dengan mba F (salah satu reporter mereka). Malah Najwa sangat ceriwis sekali, ketika papahnya menghidangkan teh botol, Najwa dengan sigapnya menawari mba2 itu untuk minum.

“Minum duyu tante…”

mungkin karena mba F sangat ramah dan pinter mengambil hati anak kecil, najwa jadi nyaman dan serasa sudah mengenal lama. Sepanjang pertemuan mba F menjelaskan maksud dan tujuan acara ini, dan menjelaskan misi kenapa akan mengangkat profile Najwa.

Acaranya akan berlangsung selama 24 menit dengan nara sumber dr.Luh wahyuni, dan akan mengangkat 2 profile anak penyandang CP. Najwa akan muncul pada profile kedua yaitu mild CP (CP ringan) jenis spastik.

Shootingnya sendiri nanti akan di ambil di rumah yaitu kegiatan Najwa sehari-hari seperti bermain-main, menulis-nulis, membaca majalah, main laptop dsb. Shooting ke dua di ambil saat Najwa terapi di RSCM

Karena minggu2 ini jadwal kami lumayan padat, maka kami sepakat untuk melakukan shooting pada pertengahan bulan May. Doakan ya semoga shootingnya lancar…maklum Najwa kan moody banget….

Nggak terasa sdh 2,5 jam kami ngobrol tentang Najwa dan seputar kesehatan khususnya mengenai ABK, sepanjang obrolan kami itu najwa juga ikut nimbrung dan ngobrol.  Mba F bilang “wah kalo najwa sih ngomongnya sudah pinter..”

Alhamdulilah dibalik keterbatasan motoriknya, wicara dan kognitif Najwa sangat bagus. Kosa katanya semakin banyak dan artikulasinya sangat jelas. Najwa dapat memahami instruksi dan sangat pandai juga menginstruksi orang2 disekitarnya ha.ha.ha..

Najwa itu punya bakat jadi pemimpin kali ya….kalau nyuruh2 org tuh pinter banget….

suatu hari mamahnya sedang batuk-batuk najwa bilang “Papah…ambiyin mamahnya minum donk..” atau suatu kali ketika kami akan bobo, “papah bobo di dawah aja (maksudnya di bawah), mba wawa sama mamah di atak (maksudnya diatas), oh iya najwa selalu menyebut dirinya mba wawa…..karena udah mau punya adik he..he..he..

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

0 Responses to Permintaan Liputan & Wawancara (part II)

  1. mama ariel says:

    salam kenal mama najwa…
    secara tidak sengaja sy nemu blog in..seneng bgt bisa sharing..karna selama ini jujur sy hampir putus asa dengan kondisi anak sy..
    membaca tentang najwa membuat harapan sy kembali ada..dan membayangkan semoga anak sy jg bs seperti itu..
    salam
    mila (mama ariel)

  2. mama ariel says:

    mama najwa…sy boleh minta alamat emailnya??? trims ya…

  3. mama Faca says:

    Dear mba Tari dan dek Najwa apa kabarnya…sudah agak lama gak main kesini…eh begitu main ada kabarnya dek Najwa mau masuk TV. Mudah2an berjalan lancar ya shootingnya 🙂

  4. margatama says:

    allow mba novi…

    bagaimana kabarnya faca, iya sdh lama sekali kita tak saling berkirim kabar ya…
    aku masih sering mengunjungi blognya faca.

  5. margatama says:

    dear mamah ariel ..

    salam kenal juga ya…
    alamat email nya saya balas via japri ya

  6. Mama Yara says:

    hai..,mama najwa… bahagia bgt nyasar k blog mama najwa. saya mama yara. anak saya chayara, usia 3thn terdiagnosa microsepal cp spastik. skrg dia msh blm bisa lama nahan kepala, blm duduk dan kaki jinjit klo jln. melihat perkembangan najwa, sangat luar biasa sekali.. salam kenal dr yara bt najwa ya.. saya berharap perkembangan yara bisa seperti najwa..kdg berat y jd seorang ibu yg memiliki anak berkebutuhan khusus.. semangaaat!!

  7. margatama says:

    Allow mamah yara….

    Alhamdulilah kalo blog najwa ini dapat bermanfaat bagi yg lain.
    memang terasa berat ya mba….terkadang saya sendiri masih saja terselip perasaan sedih..
    apalagi kalau melihat keinginan najwa yg begitu besar utk bisa jalan, setiap harinya najwa minta di tetah terus… walau yg mentetahnya sdh kecapean
    najwa tetap semangat dan spt nggak ada capek2nya
    melihat semangatnya yg besar, saya bangga dan justru menambah amunisi semangat saya untuk tetap terus berusaha buat najwa.

    salam kenal ya mama yara salam juga buat chayara

    -mamah najwa

  8. Mama Yara says:

    Terima kasih mama najwa atas respon nya. Setelah saya baca smua blog mama najwa, saya terharu, sedih, senang. Smuany jd bkin saya semangat, saya hrs survive bt yara! Yara spastik microcefal, fisikl+respon baik namun saraf motorik sangat terhambat. Mama najwa, ap yara bisa normal spt anak2 yg lain?? Mama najwa saya jd trauma bt hamil lg…

  9. mama ariel says:

    dear mama najwa…
    maaf saya agak gaptek..hehe..maksudnya japri apa ya?? emeil sy meela_yani@yahoo.com

    -mama ariel_

  10. Mama Yara says:

    oiya mba.., tiap k dokter saraf..yara ga dksih pantangan mknanan ataupun su2. cm yara alergi ikan laut, telor, mie.. skalipun leher yara blm bs tegak lama tp sejauh ini menguyah+menelan nya ok mskipun mkn nya blm bs sambil duduk. sdkit info, saya tinggal d Sukabumi.

  11. margatama says:

    dear mama yara….

    najwa juga menderita spastik microsefali.
    derajat CP sendiri ada macam2 mba, apapun kondisi anak kita , sebagai orang tua kita wajib terus berusaha buat anak2 kita. Biarlah semua kita serahkan pada yg menitipkannya pada kita. Kita hanya dititipkan mba, anak2 kita bukan milik kita.

    saya dulu juga trauma utk hamil lagi mba……sampai sekarangpun masih ada sedikit
    alhamdulilah sekarang saya sedang hamil 4 bulan, doakan semoga lancar ya mba…

  12. margatama says:

    dear mamah ariel…

    maksudnya via japri itu jalur pribadi
    alamat email saya tari@bizcom.co.id

    silakan email saya

    -mamah najwa

  13. Mama Yara says:

    uuuuh, saya bener2 iri dengan semangat mba tari… smoga saya ketularan. keep strong for us y mba..

  14. margatama says:

    mamah yara…

    apakah mamah yara ada ym..?
    klo ada kita bisa chatting….

    -mamah najwa

  15. Mama Yara says:

    Alhamdulillah..moga sehat dan lancar y mba.. jd pengen hamil jg he2..

  16. Mama Yara says:

    saya register dlu y mba… really nice to meet you..

  17. Mama Yara says:

    mb, sya udh reg. ym. email mba ap?

  18. Maya says:

    Mama Najwa…apa kabar ? Saya Bunda Yazid, sudah lama saya gak kontak. Selamet ya…atas kehamilan anak ke 2, semoga sehat.
    Aku mau sharing, menghadapi anak CP yg lebih emosional/temperamen…gimana ya…mengatasinya, mengajarkan yg baik. (mungkin krn ketebatasan komunikasi ya…?
    Wassalam….

  19. Mama Yara says:

    mb, jarang on line disini y??

  20. Mama Yara says:

    Najwaa, lucu deeh aplg photo yg sma bery…

  21. margatama says:

    dear mba maya…

    makasih ya…
    Najwapun termasuk temperamen dan emosional. Anak2 CP merasakan ketidak nyamanan pada tubuhnya sendiri karena kekakuan/lemes pada otot2nya.
    keinginan untuk dapat duduk atau berjalan terhambat oleh keterbatasan motoriknya ini yang membuat anak2 CP menjadi kadangkala frustasi dan menjadi cepat marah, hal ini di tambah pula oleh keterbatasan dia untuk berkomunikasi .
    Bila anak telah mengerti dan dapat berkomunikasi, tugas orang tualah untuk memberikan pengertian dengan kata2 dan kasih sayang.
    biasanya najwa menjadi cepat marah bila dia sedang rembetan dan terjatuh karena tidak ada pegangan, bila melihat itu saya langsung menghiburnya
    “sabar ya mba wawa….. kalau sdh nggak ada pegangannya mamah di panggil ya….nanti mamah tetah….mba wawa pasti bisa…”
    sabar memang harus menjadi kunci para ibu yg mempunyai anak CP, jangan stress dan menjadi ikutan tdk sabar, kasian anak kita, percayalah anak2 kita lebih merasakan ketidaknyamanan drpd kita.
    Kita harus terus mendorong dan memberikan rasa kepercayaan diri pada anak2 kita.
    sabar dan tetap semangat.

    Yazid bagaimana kabarnya mba….?

  22. margatama says:

    makasih mamah yara….

    najwa memang sudah sadar kamera kalo di photo

  23. mama yara says:

    dear mba tari…ad ngidam yg aneh2 g??

    Mb,krmn sya dh cri2 tmpt terapi yg bgus dn kbetulan itu mlik pribdi slah satu doktr sraf tp syang dokt nya skrg lg skolah lg, awal juni dia bru buka praktek lg…tp gpp lah sya te2p tunggu. mb, dgn usia yara yg mw 3thn ini, terlmbat g y klo hrs memulai terapi dr awal lg?? Yara sejauh ini ga terlalu temperamen, dia lbih byk diam tp baik dlm merespon.

    mb, sblm hmil lg test tocrh dlu g??

  24. mama yara says:

    oiya mb, ap syarat ank pake spatu AFO?? spatu hanya ad d RSCM y mb dn ktany hrganya ckup mhal y?? yara pd saat ditatah dia bs melangkah walaupun jinjit dan menyilang tp lma2 tulang punggungnya seakan tak berdaya menahan bdnny.
    mb, knp y untuk nahan leher aj yara msh blm bs lama jd ngeces nya msh aj.. ap berarti yara dkatagorikan CP yg ckup brt…??hiks..hiks..

    badai pasti berlalu y mb….

  25. margatama says:

    nggak ada kata terlambat mamah yara…
    ndak..aku belum test TORCH (najwa kena CP bukan karena TORCH tp karena kekurangan oksigen)
    tapi memang lebih baik test TORCH ya… biar aman…

    -mamah najwa

  26. margatama says:

    biasanya anak disarankan sudah dapat memakai AFO bila refleks melangkahnya sudah ada, koordinasinya juga sdh cukup bagus.
    di rs2 yg ada rehab mediknya juga ada sepatu AFO nya mba.. jad nggak hanya di RSCM aja
    harga sepatu AFO tergantung jenisnya, memang relatif lebih mahal di banding sepatu anak2 yg biasa buat jalan2 he..he..he..
    karena bahan dan fungsinya juga beda mba…. he.he..he..
    CP derajat berat atau ringan yg dapat menyimpulkan itu dokter rehab mediknya mba… tentunya juga dengan observasi.
    kalau yara masih mengeces kemungkinan refleks menelannya masih belum bagus mba….
    tetap semangat mamah yara….

    -mamah najwa

  27. mama yara says:

    refleks melangkahnya yara sudah ad, mb.. tp tnganny kaku pd saat brjlan dn ntr lama2 dia seperti ga ad tenaga lg bt melangkah..

    mb, dri pengathuan yg mb ketahui, ap type spt yara bs menahan leher dgn baik?? cepat ato lambat??

    Mkasih mb, slam bt mba wawa…. y,sya mst hrs smangat….

  28. margatama says:

    sulit juga menjawab pertanyaaan mba yara, karena saya belum melihat sendiri kondisi yara. Bisa atau tidaknya nanti yara menahan lehernya tergantung dari treatment2 yg mamah yara berikan di rumah. sperti bagaimana cara menggendong yara, mengangkat yara dari posisi tidur ke gendongan dan sbg nya…..

    dari beberapa temanku yg mempunyai anak CP seperti yara ada yg sdh bisa menahan lehernya bahkan skrg sudah bisa merangkak ada pula yg tidak bisa (hanya bisa tiduran saja)

    mamah yara……kalau utk mata dan pendengaran yara bagaimana…? apakah sdh pernah diperiksakan…?

  29. Mama Yara says:

    Ass mb, untuk penglihatan dan pendengaran yara, saya pastikan keduanya OK, meskipun saya blm prnah tes BERA. Tp yara telinganya sangat peka dengar suara yg jauh ataupun samar skalipun.

    Mb, kdg sya-suami merasa bersalah atas ktertingglan perkembngan yara. tepat usia yara 2thn, dia sya bwa pindah k smi,krn sya mst krj d smi. pdhl slama 2thn itu yara terapi d Rs.Azra Bgr dn dtangani o/ Dr. Luh jg…

    Awal bln Juni ini, yara insya allah muali terapi lg..dr awal, smoga semuany tidak terlambat dan tidak sia2. Doakan y mb… slam tuk mb wawa…

  30. Mama Yara says:

    Ass mb, untuk penglihatan dan pendengaran yara, saya pastikan keduanya OK, meskipun saya blm prnah tes BERA. Tp yara telinganya sangat peka dengar suara yg jauh ataupun samar skalipun.

    Mb, kdg sya-suami merasa bersalah atas ktertingglan perkembngan yara. tepat usia yara 2thn, dia sya bwa pindah k smi,krn sya mst krj d smi. pdhl slama 2thn itu yara terapi d Rs.Azra Bgr dn dtangani o/ Dr. Luh jg…

    Awal bln Juni ini, yara insya allah mulai terapi lg..dr awal, smoga semuany tidak terlambat dan tidak sia2. Doakan y mb… slam tuk mb wawa…

  31. margatama says:

    Semoga terapi yara nanti membawa kemajuan buat yara ya mba..
    di tunggu kabarnya yara selanjutnya ya….

  32. Mama Yara says:

    Haaaaiii Mb,… Amien, y smoga terapinya membawa hasil yg sangat2 baik.

    Mb, maaf klo boleh tau.. ap najwa pernah mengalami fase spt yara, spt leher yg blm kuat, ngeces….???

    Waaah, mb tari pst udh tmbah gemuk y?? skrg jln brp bln mb..?

  33. margatama says:

    iya najwa juga pernah mengalami hal itu, sewaktu usia 6 bulanan najwa belum kuat menyangga lehernya ketika di gendong dgn cara spt didudukkan, tp najwa pada usia 3 bulan sudah bisa tengkurep dan lehernya sdh kuat.
    klo ngeces najwa juga pernah mengalaminya, tp seiring dgn bertambah usia ngecesnya ilang sendiri. sekrang klo ngeces biasanya lg sariawan.
    kalo yara sdh bagus refleks menelan dan mengunyahnya Insya Allah ngecesnya bisa hilang.

    yara maemnya apa ya…? dan apakah yara sdh bisa mengunyah…? apakah klo maen masih sering tersedak…?

    saya yg tambah gemuk baru perutnya saja mba, makanya di saya suka di bilang sama kawan2 itu cacingan dan busung lapar ha..ha..ha…
    usia kandungan sudah 5 bulan mba…. nggak terasa ya, maboknya2 sudah hilang…alhamdulilah…

  34. Mama Yara says:

    berbeda dgn yara, d usia 3bln yara g terkurep, miringpun tidak..kecuali dbantu. sampai skrg leherny blm bs tegak jg.. mb,gmn y biar refleks menelannya biar cpt bgus?

    yara mknny nasi tim, sayur2an di rebus or dbkin sop,kornet…yara alergi telur,mie instant,ikan laut…dia bs mengunyah tp tdk sampai halus dn kdg msh sering tersedak. mb,yara mkn nya msh suka dgendong, ap posisi itu kurang baik y?
    mb, tahu refleks MORO kn? refleks moro yara msh besar mb…

    xi..xi..xi…tp gpp lah,yg penting si dede sehat y…alhmdh,klo sudah tdk mabok2 lg.

  35. margatama says:

    cara pemberian makan pada anak cp pernah saya posting disini mba

    http://margatama.dagdigdug.com/2008/11/07/pemberian-makan-pada-anak-cp/#more-147

    refleks moro seharusnya sdh hilang pada anak usia 6-9 bulan.
    untuk memastikan kaget2nya yg masih ada, mba bisa melakukan EEG
    dulu najwa juga seprti itu sering kaget2 dan kejut2 tanpa sebab, dokternya khawatir ini kejang dan najwa di rekomendasikan utk melakukan EEG.
    namun belum sempet EEG, najwa sdh di rawat di rspp karena kejang hebat dan sempat beberapa menit najwa tdk sadar.
    pemeriksaan EEG dilakukan saat najwa di rawat dan alhamdulilah hasil EEG nya normal……

    selang bbrp bulan kmdn najwa masuk rs lagi karena kejang, alhamdulilah dampak tidak berpengaruh terhadap perkembnagn najwa.
    dan alhamdulilah beberapa bulan kemudian kaget2 dan kejut2 najwa yg tanpa sebab itu hilang dgn sendirinya, sungguh ini suatu karunia Allah.

  36. mama yara says:

    Pagiiiii Mb…..
    Thx’s mb,bt info nya. Morony memang tdk terjadi setiap hr tp msh sllu ad. Yara blm pernah tes EEG. Sepengtahuan saya, Yara ga pernah kejang hanya sja spastisnya yg memang sangat kuat.

    Setiap k doktr saraf, sya g pernah dpt info yg detail ttg ank CP, stiap sya byk tany kdg doktrny cm diem,sebel!itu kdg yg bkin sya miskin info ttg CP. Stlah byk sharing dgn Mb semua bner2 membantu sya.
    krmn doktr blg bahwa ank CP bs skolah asalkan kognitif nya tdk terngganggu.

    Y,jika Allah sudah berkehendak semuanya bs terjdi y mb… Sya sllu berusaha dn mnunggu keajaiban Allah…..

  37. mama yara says:

    Saya udh baca ttg pemberian mkn yg mb tulis. Swear!itu bnar2 membantu jg tulisan2 mb yg lain.
    Yara lahir 3agstus’08 hr kamis jam 10 mlm…hariny sma y spt najwa. mb,dlu wktu sya msh terapi d Azra, diantara ank CP rata2 mrk lahir hr kamis/jum’at….entah semua ini hanya kebetulan atau…entahlah….
    yara lahir normal, dgn brt 3,7kg pjg50cm dn memang stlh sya inget2 lg pd wkt itu sya g denger suara tangisan bayi..mungkn itu yg bkin yara terkena CP. Melihat najwa, neira(teman najwa) sptny mrk terlihat jauh lebih baik dr yara mba…kdg itu bkin sya sedih tp kdg jg bkin sya yakin Insya Allah yara bs spt mrk.
    Mb Tari, maaf ya klo sya terlalu byk menulis dn byk mengeluh(pdhl g baikny y ), smoga mb ga bosen yaaa…

    Kadang kita merasa sedih, kecewa dan terluka atas ujianNya…tp jauh diatas segalanya, Ia sedang merajut yg terbaik untuk kehidupan kita.

  38. margatama says:

    benar sekali mba …

    anak CP bisa sekolah di sekolah umum/biasa asalkan kognitifnya tidak terganggu, banyak teman2nya najwa yg bersekolah di sekolah biasa walau dengan keterbatasan motorik.

    semoga tetap menjadi semangat buat para orang yg mempunyai anak CP

  39. margatama says:

    tentang tulisan pemberian makan pada anak CP saya hanya menyadur dari http://www.fisiosby.com jadi itu bukan tulisan saya.

    kalau anak2 cp rata2 lahir pada hari kamis/jumat mungkin itu hanya suatu kebetulan saja ya mba…. semua kita serahkan pada yang menciptakan saja.

    yara lahir 3 agustus 2008….? berrati yara blm genap satu tahun donk mba….
    Insya Allah nanti yara juga bisa sperti kakak2 yg lainnya ya….
    yang penting itu ikhtiarnya mba, hasilnya kita serahkan pada yg memberikan titipan.
    sedikitpun perkembangannya tetap harus di syukuri.

    Mungkin ini jalan Allah yg di berikan pada kita buat meraih jannahNya dengan terus belajar sabar dan ikhtiar lewat anak2 kita mba….

    saya nggak pernah bosen utk sharing spt ini mba, karena apa yg kita rasakan sama,
    terkadang sy merasakan amanat ini begitu berat ya mba…
    seprti yg mba bilang “Ia sedang merajut yg terbaik untuk kehidupan kita.”
    Amin…….

  40. Mama Yara says:

    Mb, tantrum itu ap? rasa kesel yg d expresikan oleh ank cp y? Itu biasany terlihat d usia brp? Krn yg sya liat yara tdk pernah menunjukkan rasa kekesalan, hanya saja dia rewel klo mw tdur dan suasanany berisik.
    Makasih…..

  41. margatama says:

    rasa kesal dan marah yg di ekspresikan anak biasanya di sebut tantrum mba
    najwa kalau sudah marah bisa bikin kewalahan kita mba…

  42. Mama Yara says:

    Y,sya salah tulis mb… Yara lahir 03-08-06, (pikun y!)

    Mb,tantrum biasany terjadi di usia brp?

  43. Mama Yara says:

    Mb, ap najwa pernah suntik botox…?

  44. margatama says:

    belum pernah mba….

  45. mama haura says:

    ass …minal aidin walfaidzin ya !mudik ga mba?gmn kbr wawa?aku contact via hp kok g bisa ya?ganti no nya?oya mgkn memang sebuah kebetulan anak sy pn haura lhr hr kamis,tp syukur alhmdllh skrg haura sudah ada kemajuan sejak masuk TK walaupn wicaranya msh blm lncr blg bayam jd ba ayu he..he..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash