papah kenapa..

Malam itu ku lihat dia terdiam dan termenung , pasti ada sesuatu yg sdg dipikirkannya…..
ada apa ya….. nggak biasanya deh papah spt ini.

papah cerita tadi melihat anak kecil yg sedang berlari2 dan bermain dengan sepedanya di depan rumah
lantas papah jadi inget mba wawa, dan tiba2 sedih aja mengingat mba wawa dengan usia 3,5 thn belum juga bisa jalan.

kok tumben papah seperti ini, biasanya papah yg selalu tegar dan yakin pada mba wawa….
mungkin perasaan itu wajar adanya ya….. aku juga kadang2 masi sperti itu juga sih….
tp baru kali ini mamah melihat papah seperti itu.

gantian aku deh yg membesarkan hatinya….
walau mba wawa sekarang belum jalan, Insya Allah nanti juga bisa…sekarang aja dah pinter rambatan, jalan sambil pegangan , tetah satu tangan ya walaupun kaki kanannya masih jinjit.
mba juga dah pinter ngomong, sehat, alhamdulilah sdh jarang ke dokter, kalaupun sakit paling hanya batuk dan pilek.
kognitif mba wawa bagus dan normal, lucu dan semuanya sayang sama mba wawa, kalau mba wawa di bawa eyang bukit kerumahnya pasti org serumah kesepian….
dengan semua ikhtiar yg sdh di lakukan kita harus bersyukur mba wawa bisa sampai dengan tahap sekarang.
dan nggak bisa membandingkan mba wawa dengan anak normal lainnya , papah harus bangga sama mba wawa….walau mba wawa CP  tapi mba wawa punya semangat yg besar buat bisa
kita bisa belajar itu dari mba wawa pah….
kita nggak boleh berkecil hati ya pah…..seperti kata mba wawa
“mba wawa macuk majalah cama tipi donk…”
ha..ha..ha… klo ini yg ngajarin budenya ha..ha..ha..

buat mba wawa , anak mamah yg mamah cayangi….
maafkan kami ya… yg terkadang masih saja  sedih  dan ingin cepat melihatmu bisa berjalan dan berlari
padahal kami banyak belajar dari kondisimu ini nak…
belajar utk bersabar, konsisten dan slalu bersemangat
mamah yakin nanti mba wawa bisa jalan ya…..

This entry was posted in Najwa. Bookmark the permalink.

5 Responses to papah kenapa..

  1. Reena says:

    Salam manis utk Najwanya,
    wah senang deh dengar sudah bisa jalan dengan hanya digandeng 1 tangan.
    Selama ini sy hanya ikuti perkembangan dengan lihat2 tulisan di web ini.
    Baca tulisan ini sy jadi tergelitik untuk betanya,
    Diterapi apa saja & dimana Najwa jadi sdh bisa digandeng jalan dengan 1 tangan saja ?
    Sy jadi tertarik untuk tahu & mungkin mau coba juga untuk kabarkan ponakan yang masih butuhkan terapi krn masih lemah untuk berdiri maupun berjalannya.
    Trima kasin sebelumnya.

  2. asri says:

    Halo mbak Tari…, mata saya berkaca-kaca baca tulisan ini, karena jujur sayapun masih sering sedih melihat perkembangan rama yg jauh tertinggal dibanding teman seusianya. Sama seperti mbak Tari biasanya suami saya yg menguatkan saya tuk selalu sabar dan semangat. Tapi terlepas dari keterbatasannya kami semua juga sangat menyayangi Rama. Alhamdulillah sekarang duduknya makin kuat, kadang2 pindah tempat cukup jauh sambil duduk atau langsung berdiri sambil pegangan teralis jendela. Belakangan dia tertarik dg game di HP, saya jadi pengen beliin CD games di komputer sekalian utk melatih motorik halusnya ya mbak. Mungkin mbak punya masukan games seperti apa yg bagus dan biasa mbak wawa mainin. Terima kasih

  3. margatama says:

    Halo juga mba Asri….

    lama ndak terdengar kabarnya Rama.
    Sebisa mungkin kita selalu berusaha tegar dan tetap semangat ya mba….
    tapi saya sendiripun masih merasakan perasaan sedih yg datangnya kadang tanpa permisi bila melihat anak2 kecil yg riang bermain-main dan berlari2…
    seperti yg mba Asri bilang terlepas dr semua itu kita tetap menyayangi anak2 kita dan selalu bersyukur karena anak2 kita tetap mengalami kemajuan.

    Kalau najwa awalnya tertarik dengan musik yg terdengar dr hp, baik itu games ataupun mp3 nya.
    najwa pun sudah pandai menekan2 tombol keypadnya ut mengganti lagunya.
    kadang kalau saya yg ingin mindahin lagunya dia berkomentar”cini mba wawa ajalin mah …. mba wawa aja yg pencet2…”
    di rumah juga saya sering mengajak najwa untuk menonton vcd dari laptop, sya membelikannya vcd seri ‘Cinta Islam Cinta rasul, Anak sholeh’
    disitu bercerita ttg syamil dan nadia, ada cerita dan musiknya….. najwa sangat suka….dia suka mendnegarkan sambil bernyanyi-nyanyi dan menirukan dialognya.
    sekarang sambl mendnegarkan tangannya nggak bisa diem utk mencet sana mencet sini dengan telunjuk kirinya, malah kalau dia gemes laptopnya sering dia tekan2 sekuat tenaga dengan 5 jarinya
    ngeri juga liatnya, karena kan laptopnya buat kerja papahnya, keypad papahnya sampe pada lepas, sekarang terpaksa pake laptop punya mamahnya yg lebih tahan banting.
    kepikiran juga mau beliin laptop khusus anak2… tetapi harganya lumayan mahal ya….
    sekarang sih..najwanya diajarin gimana caranya menekan2 keypadnya dengan benar, pake satu jari aja pelan2……he..he.he..
    kalau untuk CD games aku belum pernah membelikannya mba, yg aku kasihh ke najwa CD cerita dan lagu anak2 muslim, najwa juga dapat di latih motorik halusnya dengan mengajarinya menekan keypad dan merangsang pendengaran dan kognitifnya dengan mengikuti nyanyian dan dialognya.

    salam buat Rama ya mba…

  4. winie says:

    Salam kenal buat mama Najwa ya…
    Trmks atas kesediaannya berbagi dlm blog ini. Senang sekali saya melihat antusias ibu yg begitu natural.

    Sy ibu dr seorang putri berusia 4 thn dan sdg hamil anak ke-2.
    Saya memiliki seorang keponakan pria yg memiliki tangan kiri yg tidak sempurna, usianya 2 thn, anaknya lincah dan bs beraktivitas normal (bs menggenggam, berlari, naik sepeda, dst), walaupun ia blm lancar bicara tp sdh bs berkomunikasi dg bbrp patah kata dan paham dg instruksi yg diberikan. Wkt usianya bayi sampai usia 1 thn ia menjalani fisioterapi di sebuah klinik dokter tulang, shg alhmd secara motorik, syaraf tangan kirinya bs berfungsi normal.

    Tp yg membuat saya sedih adalah krn kakak saya (ibunya) seperti pesimis dg anaknya. Saya ingin kakak saya itu berkenalan atau punya tmn ibu2 yg memiliki anak berkebutuhan khusus agar dia bs sharing, bs optimis dlm mendidik anaknya.
    Dia selalu sedih setiap kali melihat anak lain yg normal. Saya berusaha memberinya semangat, tp kadang dia tdk mudah menerima masukan. Sy semangati dia dg mengatakan bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. dan pasti, dibalik kekurangan fisiknya, Dilan punya kelebihan. Kelebihan yg didapat jika kita bs mengasah talenta/bakat yg sesai dg minatnya. Toh byk contoh anak2 berkebutuhan khusus yg sukses. Tp kakak sy masih tetap optimis. Berkata itu mudah,katanya.

    Saya memang bukan ibunya Dilan. Tp saya sayang keponakan saya dan ingin melihat ia tumbuh dg kepercayaan diri. Sy tdk ingin ia terpaku pd kekurangan fisiknya,pdhl msh byk karunia lain pd dirinya yg bisa dikemangkan.

    Mama Najwa, maukah mama berkenalan dg kakak saya? Agar dia bs melihat sang anak dg prespektif berbeda. Thx before…

  5. sutrisno says:

    saya juga punya anak, waktu kecil kira2 umur 6 bln setip, bahkan sempat berkali2, sampe bs jalam umur 20 bln, saya terap spesh terapi dan terapi wicara karena bicara agak susah, sekarang sudah sd kelas 2, tapi motorik tangan untuk menulis tdk bs bagus apalagi gambar gak bs sama sekali, ada yang tau gak ya tips untuk belajar gambar dan menulis, supaya motorik tangan kuat. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by WP Hashcash